Rabu, 20 Januari 2016

Renungan Harian: "LATIHAN BERIBADAH"


Bacaan: 1 Timotius 4:6-16
Latihlah dirimu beribadah (1Timotius4:7)

Konsultan kebugaran Jhannie Tolbert mengatakan bahwa kita tdiak memerlukan treadmill, barbell, atau peralatan khusus lainnya untuk melakukan latihan fisik sewaktu berada dirumah. Tolbert menggunakan kotak perkakas untuk latihan melompat, mengangkat panci sup untuk melatih otot bahu, serta menggunakan perkakas rumah tangga yang lain untuk latihan fisik setiap hari. Ia mengatakan bahwa kita dapat tetap menjaga kebugaran meskipun hanya latihan dirumah dengan menggunakan peralatan yang murah dan sederhana. Pelatih lain setuju dan mendorong orang-rang untuk menggunakan tali lompat, kursi, sapu, dan bahkan tas belanja untuk latihan secara rutin. Mereka melihat bahwa latihan adalah soal kemauan, bukan kekayaan.
Sahabat yang diberkat, prinsip yang sama berlaku untuk kebugaran rohani. Meskipun kamus Alkitab, tafsiran,  dan buku-buku rohani  memang bermanfaat, kita dapat memulai latihan rohani hanya dengan menggunakan Alkitab dan bimbingan Roh Kudus. Meskipun instrument dan orkestra bermanfaat, kita dapat memuji Tuhan hanya dengan suara kita. Paulus mendorong anak didiknya Timotius: “Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang” (1 Timotius4:7,8)
Sahabat yang diberkati, kita tidak perlu memiliki banyak uang untuk mendapatkan kebenaran rohani dan mempraktikannya. Kita tidak memerlukan peralatan atau bahan-bahan khusus untuk mendoakan orang lain, bersyukur kepada Allah, atau menaikan pujian bagi-Nya. Kita tidak perlu pergi jauh-jauh untuk beribadah. Kita hanya perlu memulai dari tempat kita sekarang, dengan apa yang kita punya yaitu hati yang menyembah. Sediakanlah waktu khusus di Setiap hari untuk bersaat teduh dan membangun spiritualitas dalam diri Anda, Jadilah bagian dari suatu gereja dan libatkan diri dalam persekutuan serta pelayanan didalamnya, dan yang terutama adalah jadikan ibadah sebagai gaya hidup Anda, bukan hanya sekedar rutinitas yang tak bermakna. *tip/DCM-RH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar