Rabu, 13 Januari 2016

Renungan Harian "Bertahan dalam pencobaan"



Bacaan : Yakobus 1:12-18
''Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.'' (Yakobus 1:12)
"Gue udah nggak sanggup lagi. Ini terlalu berat buat gue." Tidak bisa dipungkiri, pasti sebagian besar orang pernah mengucapkan kata-kata seperti ini ketika sedang down atau terpuruk dengan cobaan hidup yang dialami. satu masalah belum selesai, tiba-tiba datang masalah lain yang lebih besar. Segalanya menjadi semakin rumit dan kita tidak bisa menyelesaikannya. Lalu kita menjadi frustasi dan tidak jarang mengeluarkan kata-kata seperti yang diatas tadi bahkan ada yang sampai mengeluarkan perkataan bodoh seperti "aku ingin mati saja" saking beratnya masalah yang dihadapi.

Sahabat yang diberkati, kehidupan manusia tak lepas dari pencobaan. Tuhan saja mengalami pencobaan waktu dipadang gurun. Tapi sahabatku, berat tidaknya suatu pencobaan sebenarnya tergantung pada bagaimana cara kita memandangnya. Jika kita melihatnya dengan sudut pandang manusia, maka pencobaan itu akan terasa begitu berat, tapi jika kita melihat dengan kacamata iman, maka kita akan tau bahwa pencobaan itu hanya pencobaan biasa yang tidak akan melampaui kekuatan kita.  1 Korintus 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Sahabat yang diberkati, bacaan firman Tuhan hari inj menyebut berbahagia mereka yang bertahan dalam pencobaan. Mengapa berbahagia? Menderita kok bahagia? hmm... ada lanjutannya, yaitu supaya kita tahan uji. tahan uji bukan berarti kita menjadi kebal terhadap segala cobaan. Kita masih manusia biasa, bukan superman. Nah tapi disini tahan uji berarti kita sudah terbiasa dengan persoalan-persoalan yang terjadi dan semakin terlatih untuk mengatasinya. janji Firman Tuhan saat ini bahwa jika kita bertahan sampai pada akhirnya maka kita akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah.
Nah sekarang pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa bertahan sedangkan pencobaan itu akan terus ada selama hidup kita?
Ingat bagaimana Yesus mengalahkan iblis sewaktu Ia dicobai? Ya, Dia menangkalnya dengan firman Tuhan. Yesus tidak menjadi lengah karna Dia menggunakan hikmat Allah dan mendapatkan kekuatan dari firman Tuhan. Rasul paulus pun mengaminkannya dalam Filipi 4:13 (TB) Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. Jadi, hanya didalam Tuhanlah kita dapat mengatasi segala persoalan. Firman Tuhan adalah senjata paling ampuh untuk bertahan ditengah pencobaan.

Sahabat yang diberkati, jika saat ini anda sedang mengalami situasi yang menyesakkan, jika saat ini anda sedang dirundung masalah dan tidak tau lagi harus bagaimana, jika pencobaan yang datang terasa begitu berat, ingatlah bahwa hanya ada satu pribadi yang dapat menolong anda. Hanya satu yang dapat menunjukkan jalan keluar bagi anda. Dan hanya Dia yang dapat membuat anda tetap bertahan dalam pencobaan. Dia adalah pribadi yang setia, yang akan memberikan kekuatan kepada anda sehingga anda dapat menanggung segala perkara. Sediakanlah waktu untuk menemui Yesus dalam Doa. Dengan kepala yang tertunduk dan hati yang menengadah keatas, akui secara jujur dihadapan Tuhan bahwa anda terbatas tanpa Dia. Minta Tuhan menyatakan kuasanya didalam diri anda, dan pada akhirnya lihatlah skenario menakjubkan yang akan Allah ciptakan. Mau menerima mahkota kehidupan? Berjalanlah bersama Tuhan :) *tip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar